RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Dasar
Kelas/ Semester : I (satu)
/ 1 (satu)
Tema/ Sub
Tema : 4. Keluargaku / 4. Kebersamaan dalam
Keluarga
Pembelajaran
ke
:
5
Alokasi Waktu : 5 x 35 menit
A.
Kompetensi Inti
1. Menerima dan
menjalankan
ajaran
agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli dan percaya diri
dalam
berinteraksi dengan
keluarga, teman,
dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati
(mendengar, melihar dan membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
PPKn
Kompetensi Dasar :
1.2 Menerima kebersamaan dalam keberagaman sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa di lingkungan rumah dan sekolah.
2.3 Menunjukkan perilaku kebersamaan dalam keberagaman
di rumah dan sekolah
3.4 Mengenal arti bersatu dalam keberagaman di rumah dan
sekolah.
4.3 Mengamati dan menceritakan kebersamaan dalam
keberagaman di rumah dan sekolah.
Indikator :
3.4.1
Menyebutkan
hari raya pada berbagai agama.
4.3.1
Menceritakan
kegiatan kebersamaan dalam keberagaman di rumah saat hari raya.
Bahasa
Indonesia
Kompetensi Dasar:
3.4 Mengenal teks cerita diri/
personal tentang keberadaan keluarga dengan bantuan guru atau teman dalam
bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman.
4.4.Menyampaikan
teks cerita diri/ personal tentang keluarga secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu penyajian.
Indikator :
3.4.1
Membaca teks
tentang hari raya.
3.4.2
Menjawab
pertanyaan sesuai dengan teks yang dibaca.
4.4.1
Menulis ucapan
selamat hari raya.
SBDP
Kompetensi Dasar :
3.4 Mengamati
berbagai bahan, alat serta fungsinya dalam membuat prakarya.
4.14Membuat karya
kerajinan dari bahan alam hasil limbah di lingkungan rumah melalui kegiatan
melipat, menggunting, dan menempel.
Indikator :
3.4.1
Menyebutkan
bahan yang digunakan untuk membuat kartu ucapan selamat hari raya.
4.14.1
Membuat kartu
ucapan hari raya.
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Dengan tanya
jawab, siswa dapat menyebutkan hari raya pada berbagai agama dengan percaya
diri.
2. Dengan
penugasan, siswa dapat menceritakan kegiatan kebersamaan dalam keberagaman di
rumah saat hari raya dengan percaya diri.
3. Dengan
penugasan, siswa dapat membaca teks tentang hari raya dengan percaya diri.
4. Dengan membaca
teks, siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai isi teks dengan santun.
5. Dengan diskusi
kelompok, siswa dapat menyebutkan hal-hal yang berbeda pada hari raya dan hari
biasa dengan percaya diri.
6. Dengan
penugasan, siswa dapat menulis ucapan selamat hari raya dengan rapi.
7. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat membuat kartu ucapan selamat hari raya dengan rapi.
D. Materi
Pembelajaran
PPKn :
Hari raya pada berbagai agama
Bahasa Indonesia : Teks tentang
hari raya
SBDP : Kartu ucapan selamat hari raya
E. Model,
Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
Model : Pembelajaran Kooperatif
Langkah pembelajaran Kooperatif
1.
Menyampaikan
tujuan dan memotivasi siswa
2.
Menyajikan
informasi
3.
Mengorganisasikan
siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar
4.
Membimbing
kelompok bekerja dan belajar
5.
Evaluasi
6.
Memberikan
penghargaan
Pendekatan : Scientific
1.
Mengamati (observing)
2.
Menanya (questioning)
3.
Menalar (assosiating)
4.
Mencoba (eksperimenting)
5.
Mengkomunikasikan
(networking)
Metode :
Tanya jawab, diskusi kelompok, penugasan
F. Media
dan Sumber Belajar
Media
1.
Gambar hari
raya berbagai agama
2.
Teks “Hari
Raya”
3.
Media
Elektronik lainnya (laptop dan infocus)
4.
Video lagu
anak dan kegiatan hari raya
5.
Kartu ucapan
selamat hari raya
Sumber Belajar
Depdikbud. 2013. Kurikulum
2013. Jakarta. Depdikbud.
Depdikbud. 2013. Buku
Guru Tema 4 Keluargaku. Jakarta. Depdikbud.
Depdikbud. 2013. Buku
Siswa Tema 4 Keluargaku. Jakarta. Depdikbud.
G. Langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab salam yang diucapkan oleh guru.
2. Siswa bersama guru meyiapkan kondisi kelas untuk
memulai pelajaran.
3. Siswa bersama guru berdo’a untuk memulai
pembelajaran.
4.
Guru memeriksa daftar hadir kelas
5. Apersepsi (guru menayangkan video lagu hari raya)
Langkah I
6. Siswa mendengarkan tujuan
pembelajaran yang disampaikan guru
7.
Guru memberikan motivasi kepada
siswa
8.
Siswa diberikan HVS warna-warni
sebagai tempat untuk menempelkan bintang (sebagai reward)
|
10 Menit
|
Inti
|
Langkah II
9. Siswa diminta mengamati gambar hari raya berbagai
agama yang ditampilkan oleh guru di depan kelas. (Mengamati)
10. Siswa bertanya jawab dengan guru mengenai gambar.
11. Siswa diminta menyebutkan hari raya berbagai agama
berdasarkan gambar yang dilihat.
12. Siswa menanyakan nama hari raya yang tidak
diketahui. (Menanya)
13. Siswa diingatkan kembali saat-saat berkumpul
bersama keluarga.
14. Siswa diminta menceritakan kegiatan kebersamaan
dalam keberagaman di rumah saat hari raya secara bergantian.
15. Siswa memperhatikan teks “Hari Raya” yang
ditampilkan oleh guru di depan kelas.
16. Siswa mendengarkan guru membacakan teks “Hari
Raya”.
17. Siswa membacakan kembali teks “Hari Raya” ke depan
kelas secara bergantian.
Langkah III
18. Siswa dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing
beranggotakan 3 orang
Langkah IV
19. Guru menampilkan video kegiatan hari raya
20. Guru membagikan LKS
21. Siswa berdiskusi tentang hal-hal yang berbeda
ketika hari raya dengan hari biasa. (Menalar)
22. Guru memperhatikan siswa saat bekerja dan sesekali
memberikan bantuan.
23. Perwakilan kelompok masing-masing menyajikan hasil
diskusi ke depan kelas.
24. Siswa menuliskan kalimat “selamat hari raya” pada
buku latihan masing-masing.
25. Siswa menuliskan kembali kalimat “selamat hari
raya” ke depan kelas.
26. Siswa menyiapkan alat dan bahan untuk membuat
kartu ucapan hari raya diatas meja masing-masing.
27. Siswa menyebutkan alat dan bahan yang digunakan
untuk membuat kartu ucapan hari raya.
28. Guru membagikan petunjuk kerja kepada
masing-masing kelompok.
29. Siswa diperlihatkan contoh kartu ucapan yang
dibuat guru.
30. Siswa diberikan petunjuk oleh guru tentang tugas
yang akan dikerjakan.
31. Siswa dengan bimbingan guru membuat kartu ucapan
hari raya tahap demi tahap. (Mencoba)
32. Siswa dibantu oleh guru ketika kesulitan dalam
bekerja.
33. Siswa merapikan meja mereka setelah selesai
membuat kartu ucapan hari raya.
34. Siswa membacakan isi kartu ucapan hari raya yang
dibuat ke depan kelas secara bergantian. (Mengkomunikasikan)
35. Siswa mendapatkan pujian dari guru atas hasil yang
mereka buat.
36. Siswa diminta kembali pada tempat duduk
masing-masing.
|
145 Menit
|
Penutup
|
Langkah V
37. Siswa mengerjakan latihan yang diberikan guru.
38. Siswa menukarkan buku latihannya dengan teman
sebangku.
39. Siswa dan guru memeriksa latihan bersama.
40. Siswa yang memperoleh banyak bintang diberikan
hadiah oleh guru.
41. Siswa bertanya jawab dengan guru terkait materi
yang belum dipahami.
42. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pelajaran
pada pertemuan hari ini.
43. Siswa diberikan tugas rumah oleh guru.
44. Siswa berdoa sebelum keluar kelas.
45. Siswa keluar ruangan dengan tertib.
|
20 Menit
|
H. Penilaian
1.
Prosedur Penilaian
a.
Penilain Proses
Menggunakan
format pengamatan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran sejak dari kegiatan
awal sampai dengan kegiatan akhir
b.
Penilaian
Hasil Belajar
Menggunakan instrumen
penilaian hasil belajar dengan tes tulis dan lisan (terlampir).
2. Instrumen Penilaian
a. Penilaian Proses
1) Penilaian Kinerja
2) Penilaian Produk
b.
Penilaian Hasil Belajar
1)
Pilihan ganda
2) Isian singkat
3) Esai atau uraian
Bukittinggi, November 2016
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru Kelas I
.......................................... ..........................................
NIP: 
LAMPIRAN
Lampiran Lembar Kerja Siswa
Lembar Kerja Siswa
(LKS)
Nama Siswa :
Kelas/Semester :
I (satu)/1 (satu)
Judul :
Membuat Kartu Ucapan Hari Raya
Tujuan Kegiatan :
1. Siswa dapat menuliskan ucapan hari raya
2. Siswa dapat membuat kartu ucapan hari raya
Alat dan Bahan :
1. Gunting 1 buah
2. Lem Kertas
3. Kertas karton
4. Gambar atau pensil warna untuk menghias
kartu ucapan
Langkah Kerja :
1. Ambillah
kertas kartonmu, potong dengan ukuran 20 cm x 10 cm.
2. Setalah
kamu memotong, lipat karton tersebut menjadi 2 bagian sama besar.
3. Tuliskanlah
ucapan hari rayamu pada bagian dalam karton yang telah dilipat.
4. Hiasilah
kartu ucapanmu menggunakan gambar-gambar yang ada atau kamu bisa membuat gambar
sendiri pada kartu ucapanmu.
5. Bacakanlah
isi dari kartu ucapanmu di depan kelas.
Selamat Bekerja !!!
Lampiran Penilaian Sikap
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
Dinilai
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Santun
|
Bekerja Sama
|
|||||||||||
BT
1
|
MT
2
|
MB
3
|
SM
4
|
BT
1
|
MT
2
|
MB
3
|
SM
4
|
BT
1
|
MT
2
|
MB
3
|
SM
4
|
||
1.
|
| ||||||||||||
dst. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Deskriptor Penilaian Sikap
Percaya Diri :
a. Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
b. Melakukan
kegiatan tanpa ragu-ragu
c. Tidak
mudah putus asa
d. Berani
tampil persentasi ke depan kelas
Santun
a. Menggunakan
bahasa yang baik
b. Tidak
menyela pembicaraan pada waktu yang tidak tepat
c. Menghargai
pendapat teman
d. Bersikap
baik terhadap sesama teman
Bekerja Sama :
a. Membina
kekompakkan dalam bekerja
b. Saling
berbagi informasi
c. Membantu
teman yang kesulitan
d. Melakukan
tugas secara bersama
Keterangan :
BT
(1) : Apabila siswa belum
memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator karena
belum memahami makna nilai itu.
MT
(2) : Apabila siswa sudah mulai
memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam
indikator, tetapi belum konsisten karena sudah ada pemahaman dan mendapat
penguatan dari lingkungan terdekat.
MB
(3) : Apabila siswa sudah
memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan
mulai konsisten, karena selain sudah ada pemahaman dan kesadaran juga
mendapatkan penguatan lingkungan dan lingkungan lebih luas.
SM
(4) : Apabila siswa terus menerus
memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikatorn secara konsisten
karena selain sudah ada pemahaman dan kesadaran juga mendapatpenguatan
lingkungan terdekat dan lingkungan yang lebih luas serta sudah tumbuh
kematangan moral.
Lampiran Penilaian Pengetahuan
Nama
:
Kelas :
Isilah titik-titik dibawah ini
dengan tepat !
1. Tuliskan
nama hari raya yang ada di Indonesia !
Jawab
: ......................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
2. Tuliskan
alat dan bahan yang digunakan dalam membuat kartu ucapan hari raya !
Jawab
:.......................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
3. Tuliskan hal yang berbeda antara hari
raya dengan hari hari biasa ?
Jawab
: ......................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
4. Tuliskan
alasanmu kenapa banyak orang yang senang ketika hari raya ?
Jawab
: ......................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
5. Tuliskanlah
siapa saja orang-orang yang dapat kita beri kartu ucapan hari raya !
Jawab
:.......................................................................................................
...................................................................................................................
...................................................................................................................
Butir Soal
|
Baik Sekali
(SB)
4
|
Baik
(B)
3
|
Cukup
(C)
2
|
Kurang
(K)
1
|
1
|
Jika
siswa dapat menuliskan 5 hari raya yang ada di Indonesia
|
Jika
siswa menuliskan 4 hari raya yang ada di Indonesia
|
Jika
siswa menuliskan 3 hari raya yang ada di Indonesia
|
Jika
siswa menuliskan kurang dari 3 hari raya yang ada di Indonesia
|
2
|
Jika
siswa dapat menuliskan 4 bahan dalam membuat kartu ucapan hari raya.
|
Jika
siswa menuliskan 3 bahan dalam membuat kartu ucapan hari raya.
|
Jika
siswa menuliskan 2 bahan dalam membuat kartu ucapan hari raya.
|
Jika
siswa hanya menuliskan 1 bahan dalam membuat kartu ucapan hari raya.
|
3
|
Jika
siswa dapat menuliskan 4 atau lebih hal yang berbeda antara hari raya dengan
hari biasa.
|
Jika
siswa menuliskan 3 hal yang berbeda antara hari raya dengan hari biasa.
|
Jika
siswa menuliskan 2 hal yang berbeda antara hari raya dengan hari biasa.
|
Jika
siswa menuliskan 1 hal yang berbeda antara hari raya dengan hari biasa.
|
4
|
Jika
siswa menuliskan 4 atau lebih alasan.
|
Jika
siswa menuliskan 3 alasan.
|
Jika
siswa menuliskan 2 alasan.
|
Jika
siswa menuliskan 1 alasan.
|
5
|
Jika
siswa menyebutkan 4 orang yang dapat diberikan kartu ucapan hari raya.
|
Jika
siswa menuliskan 3 orang yang dapat diberikan kartu ucapan hari raya.
|
Jika
siswa menuliskan 2 orang yang dapat diberikan kartu ucapan hari raya.
|
Jika
siswa hanya menuliskan 1 orang yang dapat diberikan kartu ucapan hari raya.
|
No.
|
Nama Siswa
|
Butir Soal
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||
1.
| ||||||||
dst |
|
|
|
|
|
|
|
Skor
Maksimal : 20
Lampiran Penilaian Keterampilan
Unjuk kerja membuat kartu ucapan
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
Dinilai
|
|||||||||||
Bentuk dan
Kerapian
|
Penggunaan
Hiasan
|
Jumlah Warna
yang Digunakan
|
|||||||||||
BS
4
|
B
3
|
C
2
|
PB
1
|
BS
4
|
B
3
|
C
2
|
PB
1
|
BS
4
|
B
3
|
C
2
|
PB
1
|
||
1.
| |||||||||||||
dst |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Konversi
Nilai
Konversi Nilai Akhir
|
Predikat (pengetahuan dan keterampilan)
|
Klasifikasi Sikap
dan Ekstrakurikuler
|
|
Skala 0-100
|
Skala 1-4
|
||
86-100
|
4
|
A
|
SB (Sangat Baik)
|
81-85
|
3.66
|
A-
|
|
76-80
|
3.33
|
B+
|
B (Baik)
|
71-75
|
3.00
|
B
|
|
66-70
|
2.66
|
B-
|
|
61-65
|
2.33
|
C+
|
C (Cukup)
|
56-60
|
2
|
C
|
|
51-55
|
1.66
|
C-
|
|
46-50
|
1.33
|
D+
|
K (Kurang)
|
0-45
|
1
|
D-
|
Keterangan:
A : 3,67
– 4,00 C+ : 2,01 – 2,33
A- :
3,34 – 3,66 C : 1,68 – 2,00
B+: 3,01 – 3,33 C- :
1,34 – 1,67
B : 2,68
– 3,00 D+ : 1,01 – 1,33
B- : 2,34 – 2,67 D : ≤ 1,00
Mohon maaf jika ada banyak kesalahan, masih belajar juga soalnya.. hehe.. :D
Terimakasih, semoga bermanfaat.. :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar