Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Nama Sekolah :
SD Negeri
Kelas/Semester :
II (dua) / 2 (dua)
Tema/Subtema :
7. Merawat Hewan & Tumbuhan/3. Tumbuha di Sekitarku
Pembelajaran : 1 (satu)
Alokasi Waktu :
5x35 menit
A. Kompetensi Inti
1. Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun,
peduli dan percaya diri
dalam
berinteraksi dengan
keluarga, teman,
dan
guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati
(mendengar, melihar dan membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, dan di sekolah.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak
mulia.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
PPKn
1.2 Menerima
kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan
rumah dan sekolah.
2.2.Menunjukkan
perilaku patuh pada tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan
sehari-hari di rumah dan sekolah.
3.1 Mengenal
simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1 Mengamati
dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan
pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.
Indikator :
3.1.1
Mengidentifikasi simbolsimbol sila
Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
4.1.1
Menceritakan perilaku disekitar sekolah yang
tidak sesuai dengan sila-sila pada Pancasila.
Bahasa Indonesia
1.2 Menerima
keagungan Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan keluarga serta penciptaan hewan
dan tumbuhan.
2.1 Memiliki
kepedulian dan rasa ingin tahu terhadap alam sekitar, hewan, dan tumbuhan melalui
pemanfaatan bahasa Indonesia dan/atau bahasa daerah.
3.1 Mengenal
teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan tumbuhan serta
jumlahnya dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
4.1 Mengamati
dan mencoba menyajikan teks laporan sederhana tentang alam sekitar, hewan, dan
tumbuhan serta jumlahnya secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis
yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator :
3.1.1
Memprediksi isi teks laporan sederhana
tentang tumbuhan di lingkungan sekitar.
3.1.2
Membaca nyaring teks laporan sederhana
tentang tumbuhan di lingkungan sekitar.
4.1.1
Menyimpulkan hasil laporan sederhana
tentang pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar.
Matematika
1.1 Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.3 Memiliki
sikap terbuka, objektif, menghargai pendapat dan karya teman sebaya dalam diskusi
kelompok maupun aktivitas sehari-hari.
3.10 Menentukan
nilai terkecil dan terbesar dari hasil pengukuran panjang atau berat yang
disajikan dalam bentuk tabel sederhana.
4.9 Mengumpulkan
dan mengelompokkan data kategorikal atau diskrit dan menampilkan data
menggunakan grafik konkrit dan piktograf.
Indikator :
3.10.1 Membandingkan
hasil pengukuran panjang dua benda.
4.9.1
Mengelompokkan data yang dikumpulkan
berdasarkan jenisnya.
SBDP
1.1 Menikmati
keindahan alam dan karya seni sebagai salah satu tandatanda kekuasaan Tuhan.
2.2 Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya
seni.
3.4 Mengetahui
cara mengolah bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai karya kreatif dan
olahan makanan.
4.15Membentuk
karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam.
Indikator :
3.4.1
Mengidentifikasi bahan alam di
lingkungan sekitar untuk karya kreatif.
3.4.2
Mengelompokkan bahan alam yang dapat
dimanfaatkan sebagai karya kreatif.
4.15.1 Membentuk
karya kerajinan fungsi pakai dari bahan alam (Biji-bijian, kulit jagung,mambu,
daun kelapa, dan kerang).
C. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan
tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi simbol simbol sila Pancasila dalam
lambang negara “Garuda Pancasila” dengan penuh rasa ingin tahu.
2. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menceritakan perilaku di sekitar sekolah yang
tidak sesuai dengan silasila pada Pancasila dengan peduli.
3. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat memprediksi isi teks laporan sederhana tentang
tumbuhan di lingkungan sekitar dengan penuh rasa ingin tahu.
4. Dengan
teks laporan, siswa dapat membaca nyaring teks laporan sederhana tentang
tumbuhan di lingkungan sekitar dengan tanggung jawab.
5. Dengan
menjawab pertanyaan, siswa dapat menyimpulkan hasil laporan sederhana tentang
pengamatan tumbuhan di lingkungan sekitar dengan tanggung jawab.
6. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat membandingkan hasil pengukuran panjang dua benda
dengan penuh rasa ingin tahu.
7. Dengan
mengisi tabel, siswa dapat mengelompokkan data yang dikumpulkan berdasarkan
jenisnya dengan tanggung jawab.
8. Dengan
mengamati lingkungan sekitar, siswa dapat mengidentifikasi bahan alam di
lingkungan sekitar untuk karya kreatif dengan peuh rasa ingin tahu.
9. Dengan
mengamati gambar, siswa dapat mengelompokkan bahan alam yang dapat dimanfaatkan
sebagai karya kreatif dengan tanggung jawab.
10. Dengan
bimbingan guru, siswa dapat membentuk karya kerajinan fungsi pakai dari bahan
alam (Biji-bijian, kulit jagung, bambu, daun kelapa, dan kerang) dengan
tanggung jawab.
D. Materi Pembelajaran
PPKn : Perilaku
yang sesuai dengan sila-sila Pancasila.
Bahasa
Indonesia :
Teks Laporan
Matematika : Alat
ukur panjang
SBDP :
Membuat kerajinan tangan dari biji-bijian
E. Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific
1.
Mengamati (observing)
2.
Menanya (questioning)
3.
Menalar (assosiating)
4.
Mencoba (eksperimenting)
5.
Mengkomunikasikan
(networking)
Metode : Tanya jawab, dan penugasan.
F. Media dan Sumber Belajar
Media : Proyektor, Laptop,
gambar macam-macam alat ukur, gambar cabe.
Sumber Belajar :
Kemendikbud. 2014. Buku Guru Tema 7 Merawat Hewan dan Tumbuhan. Jakarta. Kemendikbud.
Kemendikbud. 2014. Buku Siswa Tema7 Merawat Hewan dan Tumbuhan. Jakarta. Kemendikbud.
G. Langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Siswa menjawab salam yang diucapkan oleh guru.
2.
Mengkondisikan kelas
3.
Siswa bersama guru berdo’a untuk memulai
pembelajaran.
4.
Guru memeriksa daftar hadir kelas
5.
Siswa mendengarkan tujuan
pembelajaran yang disampaikan guru
|
10 menit
|
Inti
|
6. Pada awal pembelajaran, siswa mengamati
gambar “kegiatan Lani mengamati kebun sekolah” (mengamati).
7. Siswa
membuat pertanyaan berdasarkan gambar yang diamati (menanya).
8. Siswa
menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dengan teman sebangku.
9. Siswa
menjawab pertanyaan yang telah ditukarkan (menalar).
10. Siswa
dan guru bertanya jawab tentang sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila pada
Pancasila (menanya).
11. Siswa
menyebutkan simbol setiap sila Pancasila (mengomunikasikan).
12. Siswa
mengamati beberapa gambar tentang perilaku yang sesuai dan tidak sesuai
dengan sila-sila pada Pancasila (mengamati).
13. Siswa
memberi tanda centang ()
pada gambar yang menunjukkan perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
dan tanda silang (X) perilaku yang tidak sesuai dengan dengan nilai-nilai
Pancasila (menalar).
14. Siswa
menceritakan perilaku yang tidak sesuai dengan silasila Pancasila berdasarkan
gambar (mengomunikasikan).
15. Siswa
mengamati gambar tanaman cabe (mengamati).
16. Siswa
memprediksi bacaan berdasarkan gambar yang diamati (menalar).
17. Siswa
membaca nyaring teks laporan tentang “Tanaman Cabai” (mengamati).
18. Siswa
dan guru melakukan tanya jawab tentang teks laporan yang sudah dibaca
(menalar).
19. Siswa
mengamati gambar cabai yang diukur Lani (mengamati).
20. Siswa
menceritakan hasil pengukuran cabai yang dilakukan Lani berdasarkan gambar
(mengomunikasikan).
21. Siswa
mengamati gambar beberapa alat ukur (mengamati).
22. Siswa
menyebutkan beberapa alat ukur berdasarkan gambar (mengomunikasikan).
23. Siswa
menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan teks laporan yang telah dibaca
(menalar).
24. Siswa
menyimpulkan isi teks laporan yang sudah dibaca (mengomunikasikan).
25. Siswa
dibimbing mengukur panjang beberapa benda yang ada di kelas (mencoba).
26. Siswa
diberikan penguatan bahwa dalam mengukur harus selalu dimulai dari angka nol
(mengomunikasikan).
27. Siswa
mengamati gambar sayuran dengan ukuran panjang yang berbeda (mengamati).
28. Siswa
memberi tanda centang ()
pada gambar yang menunjukkan ukuran lebih panjang (menalar).
29. Siswa
membandingkan panjang gambar sayuran yang diamati dengan menggunakan kata
lebih panjang atau lebih pendek (menalar).
30. Siswa
dan guru melakukan tanya jawab tentang bahan alam yang dapat digunakan untuk
membuat kerajinan (menanya).
31. Siswa
menentukan bahan alam yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan
(menalar).
32. Siswa
dibimbing membuat kerajinan kalung dari biji jagung (mencoba).
33. Siswa
dibimbing menggunakan alat dengan benar, diberikan penekanan kepada siswa
untuk menggunakan alat dengan hati-hati (mengomunikasikan).
|
150 menit
|
Akhir
|
34. Siswa bersama dengan guru menyimpulkan pelajaran
yang telah dipelajari.
35. Siswa diberikan tugas rumah.
36. Siswa berdoa sebelum pulang.
|
15 menit
|
H. Penilaian
1.
Jenis
Penilaian
a. Penilaian
Sikap : Tanggung
jawab, rasa ingin tahu, peduli
b. Penilaian
Pengetahuan : Menjawab
pertanyaan (lihat buku guru)
c. Penilaian
Keterampilan
1) Menceritakan
perilaku yang tidak sesuai dengan sila-sila Pancasila berdasarkan gambar
2) Membaca
nyaring teks laporan “Tanaman Cabe”
3) Menyimpulkan
hasil laporan
4) Membuat
kerajinan kalung dari biji jagung.
2.
Bentuk
Instrumen dan Instrumen Penilaian
a. Penilaian
Sikap
Lembar pengamatan
Petunjuk :
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
Diamati
|
S
K
O
R
|
Nilai
|
|||||||||||
Tanggung Jawab
|
Rasa Ingin Tahu
|
Peduli
|
|||||||||||||
BT
1
|
MT
2
|
MB
3
|
SM
4
|
BT
1
|
MT
2
|
MB
3
|
SM
4
|
BT
1
|
MT
2
|
MB
3
|
SM
4
|
||||
1.
|
|||||||||||||||
2.
|
|||||||||||||||
3.
|
|||||||||||||||
4.
|
|||||||||||||||
5
|
b. Penilaian
Pengetahuan
1) Mengajukan
pertanyaan
No.
|
Nama Siswa
|
Kriteria 1
|
Kriteria 2
|
||
T
(√)
|
BT
(√)
|
T
(√)
|
BT
(√)
|
||
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
2) Soal-soal
latihan
c. Penilaian
Keterampilan
Lembar pengamatan
1) Menceritakan
perilaku yang tidak sesuai dengan sila-sila Pancasila berdasarkan gambar
Petunjuk :
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
Diamati
|
Skor
|
Prediket
|
|||||||
Kemampuan
Bercerita
|
Volume Suara
|
||||||||||
BS
4
|
B
3
|
C
3
|
PB
1
|
BS
4
|
B
3
|
C
3
|
PB
1
|
||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
|||||||||||
5
|
2) Membaca
nyaring teks laporan “Tanaman Cabe”
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
Diamati
|
Skor
|
Prediket
|
|||||||||||
Kemampuan
Membaca Teks
|
Volume Suara
|
Pemahaman Isi
Teks
|
|||||||||||||
BS
4
|
B
3
|
C
3
|
PB
1
|
BS
4
|
B
3
|
C
3
|
PB
1
|
BS
4
|
B
3
|
C
3
|
PB
1
|
||||
1
|
|||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||
5
|
3) Menyimpulkan
hasil laporan
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
Diamati
|
Skor
|
Prediket
|
|||||||
Kesesuaian Kesimpulan dengan
Teks
|
Keefektifan Kalimat
|
||||||||||
BS
4
|
B
3
|
C
3
|
PB
1
|
BS
4
|
B
3
|
C
3
|
PB
1
|
||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
|||||||||||
5
|
4) Membuat
kerajinan kalung dari biji jagung.
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Yang
Diamati
|
Skor
|
Prediket
|
|||||||||||
Komposisi Karya
|
Keindahan Karya
|
Kerapian
|
|||||||||||||
BS
4
|
B
3
|
C
3
|
PB
1
|
BS
4
|
B
3
|
C
3
|
PB
1
|
BS
4
|
B
3
|
C
3
|
PB
1
|
||||
1
|
|||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||
5
|
3.
Pedoman Penskoran
a. Penilaian
Sikap
Keterangan Skor :
BT
(1) : Belum Terlihat
MT
(2) : Mulai Terlihat
MB
(3) : Mulai Berkembang
SM
(4) : Sudah Membudaya
b. Penilaian
Pengetahuan
1) Mengajukan
Pertanyaan ( Lihat buku guru)
2) Menjawab
pertanya dalam bentuk latihan (lihat buku guru)
c. Penilaian
Keterampilan (lihat buku guru)
Panduan
Konversi Nilai
Rentang Skor
|
Rentang Angka
|
Huruf
|
96,25 - 100
|
3,85 - 4,00
|
A
|
87,75
- 96
|
3,51 - 3,84
|
A-
|
79,5 - 87,5
|
3,18 - 3,50
|
B+
|
71,25
- 79,25
|
2,85 - 3,17
|
B
|
62,75 - 71
|
2,51 - 2,84
|
B-
|
54,5 -
62,5
|
2,18 – 2,50
|
C+
|
46,25 - 54,25
|
1,85 – 2,17
|
C
|
37,75
- 46
|
1,51 – 1,84
|
C-
|
29,5 - 37,5
|
1,18 – 1,50
|
D+
|
25 - 29,25
|
1,00 – 1,7
|
D-
|
Terimakasih, mohon maaf jika masih ada kesalahan... :) Saya juga masih belajar.. Hihiii.. :D
Tidak ada komentar:
Posting Komentar