RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata pelajaran :IPS
Kelas/ Semester :IV/II
Alokasi Waktu : 3 X 35 Menit
I.
Standar
Kompetensi
2.
Mengenal sumber daya alam, kegiatan
ekonomi dan kemajuan teknologi di lingkungan Kabupaten/ Kota dan Provinsi
II.
Kompetensi
Dasar
2.4 Mengenal
permasalahan sosial di daerahnya
III.
Indikator
2.4.1
Menjelaskan pengertian permasalahan sosial
2.4.2
Menjelaskan pengertian kemiskinan
2.4.3
Menyebutkan contoh masalah sosial
2.4.4
Menjelaskan penyebab terjadinya
kemiskinan
2.4.5
Menampilkan sikap kerjasama, keaktifan
dan tanggung jawab dalam kerja kelompok
2.4.6
Membuat kliping permasalahan sosial kemiskinan
IV.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan mengamati gambar, siswa dapat
menjelaskan pengertian masalah sosial dengan tepat.
2.
Dengan mengamati gambar siswa siswa
dapat menjelaskan tentang kemiskinan dengan tepat.
3.
Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat
menyebutkan contoh masalah sosial dengan tepat.
4.
Dengan diskusi kelompok, siswa dapat
menjelaskan penyebab terjadinya kemiskinan dengan tepat.
5.
Dengan bimbingan guru, siswa dapat
menampilkan sikap kerjasama, keaktifan dan tanggung jawab dalam kerja kelompok
dengan tepat.
6.
Dengan penugasan, siswa dapat membuat
kliping tentang kemiskinan dengan tepat.
V.
Materi
Pembelajaran
Permasalahan sosial tentang
kemiskinan di lingkungan setempat
VI.
Metode
dan Model Pembelajaran
Metode : Diskusi, tanya jawab, penugasan
Model : Model Problem Based
Learning (PBL)
Langkah PBL menurut Rusman
(2011:243) :
a.
Orientasi masalah pada siswa
b.
Mengorganisasi siswa untuk belajar
c.
Membimbing penyelidikan individual
maupun kelompok
d.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
e.
Menganalisis dan mengevaluasi proses
pemecahan masalah
VII.
Media dan Sumber Belajar
Media : berbagai gambar permasalahan sosial yang
ada di lingkungan
Sumber
:
a.
Buku BNSP
b.
Buku KTSP IPS Kelas IV
c.
Media cetak
VIII.
Kegiatan
Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal (15 menit)
(KETERAMPILAN MEMBUKA PELAJARAN)
1.
Siswa menjawab salam yang diucapkan oleh guru.
2.
Siswa bersama guru meyiapkan kondisi kelas untuk
memulai pelajaran.
3.
Siswa bersama-sama berdo’a untuk memulai pembelajaran.
4.
Guru memeriksa daftar hadir kelas
5.
Guru melakukan apersepsi dengan
melakukan tanya jawab tentang permasalahan sosial
6.
Siswa mendengarkan tujuan pembelajaran
yang disampaikan guru
7.
Guru memberikan motivasi kepada siswa
B. Kegiatan Inti (40 menit)
Eksplorasi
1. Orientasi siswa pada masalah
1)
Siswa memperhatikan gambar salah satu
masalah sosial yang dipajang guru
2)
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang
gambar masalah sosial yang terpajang
3)
Siswa dibawah bimbingan guru menemukan
arti masalah sosial
4)
Siswa dengan arahan guru menyebutkan
contoh permasalahan sosial yang ada pada lingkungannya
Elobarosi
2. Mengorganisasikan siswa untuk
belajar
(KETERAMPILAN
MEMBIMBING DISKUSI KELOMPOK KECIL)
5)
Siswa dibagi ke dalam 3 kelompok yang
masing-masing kelompok berjumlah 5 orang. Pembagian kelompok dilakukan secara
heterogen.
6)
Siswa duduk dalam kelompoknya masing-masing dengan tertib
7)
Siswa dalam kelompok memilih ketua dan
sekretaris kelompok
8)
Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang tujuan dari pembagian kelompok
3. Membantu mengumpulkan informasi
secara individual maupun kelompok
9)
Siswa menerima materi tentang masalah sosial
(kemiskinan) yang dibagikan guru
10)
Siswa membaca materi tentang kemiskinan
11)
Siswa menjawab pertanyaan guru mengenai
materi kemiskinan yang telah dibagikan
12)
Beberapa orang siswa maju ke depan kelas
menceritakan tentang kemiskinan
4. Mengembangkan dan menyajikan hasil
karya kerja kelompok
11)
Guru membagikan lembar kerja siswa (LKS)
tentang permasalahan sosial kepada masing-masing kelompok
12)
Siswa dalam kelompok melakukan diskusi
mengenai penyebab dan cara mengatasi masalah sosial (kemiskinan)
13)
Salah satu perwakilan kelompok maju ke
depan kelas untuk menampilkan hasil diskusi
14)
Siswa dari kelompok lain menanggapi
hasil diskusi kelompok yang ditampilkan
Konfirmasi
5. Menganalisis dan mengevaluasi
proses pemecahan masalah
15)
Siswa dengan bimbingan guru bersama-sama
menganalisis hasil diskusi yang didapat
16)
Siswa menanyakan kepada guru mengenai
materi masalah sosial (kemiskinan) yang belum dipahaminya
17)
Siswa mengerjakan lembar soal evaluasi
yang diberikan guru
18)
Siswa bersama guru membahas soal
evaluasi yang telah dikerjakan siswa
19)
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
hasil akhir dari permasalahan
20)
Siswa membuat kliping tentang kemiskinan
C. Kegiatan Akhir (15 menit)
(KETERAMPILAN MENUTUP PELAJARAN)
a.
Siswa dengan bimbingan guru
menyimpulkan pembelajaran yang telah dilakukan
b.
Guru memberikan penguatan tentang nilai-nilai yang terkandung dalam pembelajaran
c.
Guru memberikan pengarahan kepada siswa tentang
materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
d.
Menutup pelajaran dengan berdo’a
IX. Penilaian
1.
Jenis penilaian
a.
Tes
b.
Non tes
2.
Bentuk penilaian
a.
Tes :
tulisan
b.
Non tes :
skala sikap
3.
Instrumen penilaian
Soal dan kunci
jawaban serta tabel skala sikap
........... , 2016
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Kelas IV
........................................... ......................................... NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar